Analisis Keuntungan Pemasaran Telur Ayam Ras (Studi Kasus Langngottong Tajuddin Farm di Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka)

Analysis of Marketing Profit of Chicken Eggs (Case Study of Langngottong Tajuddin Farm in Baula District, Kolaka Regency)

Authors

  • Musram Abadi Fakultas Peternakan Univesitas Halu Oleo
  • Andini Sulfitrana
  • Anindyaningrum Zainal Putri
  • Wahyudin

DOI: https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v26i2.2025.110-118

Keywords:

Margin pemasaran, keuntungan pemasaran, telur ayam ras

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran margin, keuntungan, dan juga efisiensi pemasaran telur ayam ras di Peternakan Langngottong Tajuddin Farm yang berlokasi di Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka. Penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2024. Responden yang terlibat meliputi pedagang pengecer, pedagang pengumpul, serta pemilik peternakan ayam petelur di Langngottong Tajuddin Farm. Responden dalam penelitian ini sebanyak 9 orang. Sumber data dari penelitian yang dilakukan ini adalah data primer serta data sekunder, dimana cara pengumpulannya melalui teknik dokumentasi, wawancara, serta observasi langsung. Analisis efisiensi pemasaran, keuntungan, dan margin adalah jenis dari metode yang dipakai dalam penelitian ini. Hasil yang telihat dari penelitian ini adalah pada saluran pemasaran I, margin pemasaran tercatat Rp 3.000/kg dengan keuntungan sebesar Rp 2.904/kg. Pada saluran pemasaran II, total margin yang diperoleh adalah Rp 22.000/kg, dengan keuntungan sebesar Rp 16.622/kg. Sementara itu, pada saluran pemasaran III margin pemasaran tercatat Rp 4.000/kg, dengan keuntungan Rp 3.640/kg. Dari sisi efisiensi, terlihat bahwa pada saluran pemasaran paling efektif dan efisien adalah saluran pemasaran I dengan hasil perhitungan tingkat efisiensi 0,29%, karena memiliki biaya pemasaran terendah jika dilihat dari perbandingan antara saluran pemasaran II dan saluran pemasaran III.

References

Abadi, M., Hadini, H. A., Sani, L. O. A., Nafiu, L. O., Saili, T., & Risman. (2023). Analisis Pendapatan Usaha Jual Beli Telur Ayam Ras di UD. Sinar Harapan Kecamatan Kadia Kota Kendari. Jurnal Sains Peternakan, 11(2), 63–71.

Abadi, M., Libriani, R., Nafiu, L. O., Hadini, H. H., Rizal, A., Gerhana, & Surahmanto. (2023). Development Potential of Bali Cattle in Baito Sub-district South Konawe Regency. Chalaza Journal of Animal Husbandry, 8(1), 1–10.

Abadi, M., Nafiu, L. O., Sani, L. O. A., Hadini, H., Munadi, L. O. M., & Arief, L. O. K. (2021). Financial feasibility Of an Integrated Business Pattern for Laying Hens and Hybrid Corn on a Small Scale Business South Konawe Regency. Proceedings of the International Conference on Improving Tropical Animal Production for Food Security (ITAPS 2021), 416-423.

Abadi, M., Sani, L. O. A., & Nurdian, N. (2024). Analisis Pendapatan Usaha Ayam Ras Petelur di UD. Mandiri Kecamatan Konda. Jurnal Ilmiah AgriSains, 25(2), 117–128.

Anindyasari, D., Suhardi, A., Wibowo, & Haloho, R. D. (2024). Analisis pendapatan usaha ternak ayam ras petelur di Kota Samarinda. Agrimor, 9(1), 1-4.

Arbi, M., Thirtawati, T., & Junaidi, Y. (2018). Analisis Saluran dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1), 22-32.

Ariska, H., & Pravitasari, D. (2022). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras di Ud. Jaya Makmur Desa Bendosari Blitar. Jurnal of Economics and Policy Studies, 03(01).

Badan Pusat Statistik. (2024). Kabupaten Kolaka dalam Angka 2024. BPS Kabupaten Kolaka.

Damayanti, E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja pada Usaha Peternakan Ayam Ras Petelur di Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Fadil, M., Kalaba, Y., & Muis, A. (2017). Analisis Margin Pemasaran Telur Ayam Ras pada Usaha Peternakan di Desa Langaleso Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. E-J. Agrotekbis, 5(3), 385–393.

Fadilah, S., Trisnanto, T. B., & Apriyani, M. (2023). Lembaga Pemasaran Beras di Kabupaten Tanggamus. Mimbar Agribisnis : Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 2938–2947.

Fatima, U., Anindita, R., &, C. P. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Gabah di Desa Randuharjo Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(3), 840–848.

Hadini, H., Abadi, M., & Agustiani, I. (2023). Analisis Pemasaran Ayam Broiler di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Agribisnis Peternakan (STAP),10, 111-118.

Halidu, J., Saleh, Y., & Ilham, F. (2021). Identifikasi Jalur Pemasaran Sapi Bali di Pasar Ternak Tradisional. Jambura Journal of Animal Science, 3(2), 135–143.

Harmayani, R. (2022). Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kecamatan Labuapi Lombok Barat. AGRIPTEK: Jurnal Agribisnis dan Peternakan, 2(1), 18–26.

Hasan, Y., Fathan, S., Laya, N. K., Datau, F., Boekoesoe, Y., & Bahua, M. I. (2022). Studi Partisipasi Kelompok Peternak Pada Usaha Ternak Sapi Bali. Gorontalo Journal of Equatorial Animals,1(2), 51–58.

Hasanah, N., Yulinarsari, A. P., & Akbar, H. T. (2023). Tingkat Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Studi Kasus di Kabupaten Banyuwangi. National Conference of Applied Animal Science, 20–28.

Haryuni, N. (2018). Analisis Kinerja Finansial Kenaikan Harga Dedak Padi Terhadap Tingkat Pendapatan Peternak Ayam Petelur di Kabupaten Blitar Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, 3(1), 10-15.

Herawati, M., & Setiyowati. (2019). Rantai Pemasaran Ayam Kampung Super di Kabupaten Lampung Timur, 3(1), 1–6.

Idris, Nugraha, A., & Irwan, M. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Telur pada Ternak Ayam Petelur di Desa Kaluppang Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri Peternakan, 3(2), 34–40.

Ifanda, M. J. (2017). Analisa Tata Niaga Kambing di Pasar Hewan Wlingi Kabupaten Blitar. Jurnal Aves, 11(1), 1–6.

Imamsyah, B., Listyowati, A. A., Hartati, P., Khoirunnisa, & Seftian, W. (2019). Persepsi Peternak Terhadap Pemberian Tepung Fermentasi Isi Rumen Sebagai Campuran Pakan Itik Pedaging. Jurnal Penelitian Peternakan Terpadu, 1(1), 22–31.

Kurniawan, Y. I., Romadhoni, B., & Abdullah, I. (2018). Analisis Kelayakan dan Persaingan Usaha Ayam Petelur H. Baso di Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng.Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 1-17 .

Leondro, H., & Astuti, D. P. P. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Telur Ayam Ras di Peternakan Bapak Andika Desa Ngadireso Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. Jurnal Sains Peternakan Nusantara, 5(1), 29–38.

Mertayasa, I. K. D. (2020). Analisis Pemasaran Telur Ayam Ras Petelur di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Skrisi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Nasir, M., & Zubaidah, S. (2022). Analisis Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Peternakan, 10(2), 89–96.

Nasrul, M., & Nooyo, I. (2022). Analisis Pemasaran Telur Ayam di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 10(3), 338–347.

Pangemanan, S. P., Lumy, T. F. D., & Ooray, C. (2022). Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Kota Manado (Studi kasus CV. Risal Farm). Zootec, 42(2), 327-338.

Putri, R. K., Nurmalina, R., & Burhanuddin, B. (2018). Analisis Efisiensi dan Faktor Yang Memengaruhi Pilihan Saluran Pemasaran. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(1), 109-135.

Ridwana, Rusman, Y., & Ramdan, M. (2015). Analisis Saluran Pemasaran Kelapa (Cocos nucifera L) (Suatu Kasus di Desa Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 1(3), 183–188.

Sholihah, E. N., Gutama, W. A., & Prayoga, K. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Relationship Marketing Petani Sayur Dan Pedagang Pengepul di Desa Pandanajeng Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Faculty of Agriculture, Universitas Sebelas Maret. 650–659.

Soekartawi. (2002). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Edisi 1 Cetakan 3. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Walla, Y. N., Gunawan, C. I., & Sumarno. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras di Peternakan Desa Kambingan, Kacamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 381–391.

Winahyu, N., Amirudin, F. & Azizah I. N. (2021). Analisis Pemasaran Lebah Madu Klanceng (Trigona sp.) di Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Agribest, 5(1), 25–33.

Published

31-08-2025

How to Cite

Abadi, M., Sulfitrana, A., Putri, A. Z., & Wahyudin. (2025). Analisis Keuntungan Pemasaran Telur Ayam Ras (Studi Kasus Langngottong Tajuddin Farm di Kecamatan Baula Kabupaten Kolaka) : Analysis of Marketing Profit of Chicken Eggs (Case Study of Langngottong Tajuddin Farm in Baula District, Kolaka Regency). Jurnal Ilmiah AgriSains, 26(2), 110–118. https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v26i2.2025.110-118