Efisiensi Pemasaran Karkas Ayam Pedaging di Pasar Tradisional Kota Palu

Authors

  • Dewi Permatasari Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Kilometer 9 Tondo, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94118
  • Selvy Mozin Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Kilometer 9 Tondo, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94118
  • Haerani Maksum Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Kilometer 9 Tondo, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94118
  • Rita Rahayu Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Kilometer 9 Tondo, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94118
  • Afandi Afandi Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Jl. Soekarno Hatta Kilometer 9 Tondo, Mantikulore, Palu, Sulawesi Tengah, Indonesia 94118

DOI: https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v25i3.2024.142–154

Keywords:

Efisiensi pemasaran, karkas ayam pedaging, pasar tradisional

Abstract

Daging ayam dalam proses pemasarannya dari produsen menuju konsumen ditentukan oleh penggunaan saluran pemasaran yang melibatkan berbagai lembaga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui margin pemasaran dan efisiensi pemasaran karkas ayam pedaging di pasar tradisional yang ada di Kota Palu. Penelitian ini telah dilaksanakan di Pasar Masomba dan Pasar Inpres Manonda pada tanggal 10 Mei - 23 Juli 2021. Responden adalah pedagang ayam pedaging yang telah berdagang minimal selama 5 tahun sebanyak 50 orang. Penelitian ini menerapkan metode survei. Populasi penelitian meliputi  seluruh pedagang ayam yang berada di pasar Masomba dan Inpres Manonda. Sampel diambil secara keseluruhan, Penentuan responden menggunakan cara Purposive. Data dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai margin pemasaran di pasar Masomba pada pedagang pengumpul sebesar Rp 4.191/ekor dan pedagang pengecer dengan besaran Rp 8.959/ekor.  Margin pemasaran di pasar Inpres Manonda pada pedagang pengumpul sebesar Rp 2.056/ekor dan pedagang pengecer sebesar Rp 6.057/ekor. Nilai efisiensi pemasaran di Pasar Masomba sebesar  5,82% dan di Pasar Inpres Manonda sebesar 14,06%.

References

Aini, N., Didik, D., & Rustianti, I. (2023). Efisiensi Pemasaran Nanas (Ananas Comosus L. Merr) di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(8), 2217–2227.

Badan Pusat Statistik Kota Palu. (2023). Kota Palu dalam Angka.

Daniel, M. (2002). Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Dermawan, R. A., Pateda, S. Y., & Arsyad, A. H. (2018). Analysis Feasibility of Effort Breeding Laying Hens. Jambura Journal of Animal Science, 1(1), 25–39.

Fajriaty, A. F., Marwanti, S., & Setyowati, S. (2024). Analisis Efisiensi Pemasaran Daging Sapi di Kabupaten Cirebon. Agrista, 12(1), 42–53.

Hadini, H. A., Abadi, M., & Agustiani, I. (2023). Analisis Pemasaran Ayam Broiler di Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Agribisnis Peternakan (STAP), 10, 111–118.

Hidayat, A., Gusriati, G., & Gusvita, H. (2017). Pemasaran Buah Kelapa Muda di Nagari Toboh Ketek, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. UNES Journal Mahasiswa Pertanian, 1(1), 63–74.

Husaini, H., & Fadhlani, A. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2). 111–126

Mandak, Y., Rorimpandey, B., Waleleng, P. O. V, & Oroh, F. N. S. (2016). Analisis Margin Pemasaran Ayam Broiler di Pasar Tradisional Kota Manado. ZOOTEC, 37(1), 70–79.

Nasrul, M., & Nooyo, I. (2022). Analisis Pemasaran Telur Ayam di Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 10(3), 338–347.

Nuraini, N., & Diwan, M. (2014). Potensi Agribisnis Usaha Ternak Ayam Broiler di Kota Kendari. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis, 1(1), 88–98.

Paly, B. (2015). Efisiensi Skala dan Intensitas Penggunaan Input Pada Ayam Ras Petelur Fase Produksi Ke Dua. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 2(1), 15–24.

Prasetyo, A. F., & Fatah, B. A. (2019). Analisis Saluran Pemasaran Ayam Buras di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Ilmu Peternakan Terapan, 2(2), 57–62.

Purwanto, M. N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung Barat.

Qamariyah, L., Prasetyo, A. F., Prasetyo, B., & Imam, S. (2023). Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Telur Bebek di Kabupaten Lumajang. In Proceeding Conference of Applied Animal Science Proceeding Series, (pp. 79–85).

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Simatupang, D. O. (2015). Integrasi Rantai Pasok Komoditas Sayur antara Produktivitas Transportasi, Farmer Share dan Pengukuran Keuntungan pada Wilayah Sulawesi Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 8(2), 64–71.

Soekartawi. (2006). Ilmu Usaha Tani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. UI Press. Jakarta.

Uge, S. H., Amaliah, T. H., & Mahmud, M. (2022). Pengaruh Modal Usaha, Biaya dan Jenis Kelamin terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional. Jambura Accounting Review, 3(1), 37–51.

Wafi, S. A. M., Susilowati, D., & Syakir, F. (2020). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Ubi Jalar (Studi Kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(1). 1–8.

Published

11-12-2024

How to Cite

Permatasari, D., Mozin, S., Maksum, H., Rahayu, R., & Afandi, A. (2024). Efisiensi Pemasaran Karkas Ayam Pedaging di Pasar Tradisional Kota Palu. Jurnal Ilmiah AgriSains, 25(3), 142–154. https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v25i3.2024.142–154