Marketing System of Goat Livestock in Maranata Traditional Market of Sigi Regency
Sistem Pemasaran Ternak Kambing di Pasar Tradisional Maranata Kabupaten Sigi
Keywords:
Saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, sistem pemasaran, ternak kambingAbstract
Pemasaran ternak kambing lebih banyak di kuasai oleh lembaga-lembaga pemasaran yang mempunyai skala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran dan gambaran keuntungan yang diperoleh tiap lembaga pemasaran ternak kambing di Pasar Tradisional Maranata, Kabupaten Sigi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2016. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan penarikan sampel, menggunakan metode insidentil terhadap peternak dan metode snowball terhadap lembaga pemasaran. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan peternak dan lembaga pemasaran yang berjumlah 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem pemasaran ternak kambing di Pasar Tradisional Maranata, memiliki 2 model saluran pemasaran ternak kambing. Proses pembentukan harga dan pola pembayaran ternak kambing dimulai dari pembeli melakukan penaksiran pada ternak. Keuntungan tertinggi pada saluran pemasaran II yakni sebesar Rp. 383.417/ekor, saluran ini memiliki biaya pemasaran yang rendah dan hanya memasarkan ternaknya di pasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah AgriSains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.