Marketing System of Goat Livestock in Maranata Traditional Market of Sigi Regency

Sistem Pemasaran Ternak Kambing di Pasar Tradisional Maranata Kabupaten Sigi

Authors

  • Afandi Peternakan, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.

DOI: https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v22i1.2021.49-58

Keywords:

Saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, sistem pemasaran, ternak kambing

Abstract

Pemasaran ternak kambing lebih banyak di kuasai oleh lembaga-lembaga pemasaran yang mempunyai skala besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran dan gambaran keuntungan yang diperoleh tiap lembaga pemasaran ternak kambing di Pasar Tradisional Maranata, Kabupaten Sigi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2016. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan penarikan sampel, menggunakan metode insidentil terhadap peternak dan metode snowball terhadap lembaga pemasaran. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan peternak dan lembaga pemasaran yang berjumlah 30 responden. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem pemasaran ternak kambing di Pasar Tradisional Maranata, memiliki 2 model saluran pemasaran ternak kambing. Proses pembentukan harga dan pola pembayaran ternak kambing dimulai dari pembeli melakukan penaksiran pada ternak.  Keuntungan tertinggi pada saluran pemasaran II yakni sebesar Rp. 383.417/ekor, saluran ini memiliki biaya pemasaran yang rendah dan hanya memasarkan ternaknya di pasar.

Published

30-04-2021

How to Cite

Afandi. (2021). Marketing System of Goat Livestock in Maranata Traditional Market of Sigi Regency: Sistem Pemasaran Ternak Kambing di Pasar Tradisional Maranata Kabupaten Sigi. Jurnal Ilmiah AgriSains, 22(1), 49–58. https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v22i1.2021.49-58

Issue

Section

Articles