Consumer Behavior in the Purchase of Chicken Meat in the Traditional Market of Donggala Regency (Chapter Market Case Study)
Perilaku Konsumen dalam Pembelian Daging Ayam Potong di Pasar Tradisional Kabupaten Donggala (Sudi Kasus Pasar Ganti)
Keywords:
Perilaku konsumen, daging ayam potong, pasar tradisionalAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen terhadap atribut-atribut daging ayam potong seperti warna daging, tekstur, aroma dan bobot dalam pengambilan keputusan pembelian, serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku. Penelitian dilaksanakan di Pasar Tradisional Ganti Kabupaten Donggala pada bulan Agustus sampai September 2019. Penelitian menggunakan metode survey dan wawancara dengan sampel sebanyak 40 responden. Data dianalisis menggunakan Analisis Multiatribut dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan atribut bobot daging ayam sangat dipertimbangkan dalam mengambil keputusan pembelian, kemudian diikuti aroma, warna dan tekstur daging. Hasil analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan harga daging ayam, pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen. Namun secara individu yang berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen yaitu faktor pendidikan dan pekerjaan konsumen.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah AgriSains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.