The Use of Different Feed on The Growth and Survival of Milkfish (Chanos chanos)

Pemberian Pakan Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Bandeng (Chanos chanos)

Authors

  • Reza Aditya Pradika Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.
  • Eka Rosyida Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.
  • Sitti Ramlah Yusuf Laboratorium Kualitas Air dan Patologi Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.

DOI: https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v22i3.2021.136-143

Keywords:

Bandeng (Chanos chanos), dedak padi fermentasi, kelangsungan hidup, klekap, lumut sutra, pertumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan berbeda terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan Bandeng (Chanos chanos). Penelitian dilaksanakan di laboratorium Kualitas Air dan Biologi Akuatik, Jurusan Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako. Organisme uji yang digunakan pada penelitian ini adalah ikan bandeng dengan berat rata-rata 1,09±0,16 g/ekor, dipelihara selama 30 hari dengan padat tebar 1 ekor / 1 L air. Perlakuan pada penelitian ini adalah pemberian pakan berbeda yaitu perlakuan (A) Klekap, perlakuan (B) Dedak padi fermentasi + Lumut sutra, Perlakuan (C) Dedak padi fermentasi + klekap, Perlakuan (D) klekap + lumut sutra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan yang berbeda berpengaruh nyata (p <0,05) terhadap pertumbuhan ikan bandeng. Laju pertumbuhan harian dan pertumbuhan bobot mutlak tertinggi terdapat pada perlakuan pemberian pakan klekap + lumut sutra, yaitu masing-masing sebesar 0,04%/hari dan 1,16 g, sedangkan terendah ditunjukkan oleh perlakuan pemberian dedak padi fermentasi + lumut sutra, yaitu 0,02%/hari dan 0,68 g. Pertumbuhan mutlak tertinggi ada pada perlakuan D (Klekap + Lumut sutra) 1,16 g. Semua perlakuan dengan pakan yang mengandung klekap menunjukkan pertumbuhan yang lebih tinggi.   Kelangsungan hidup tertinggi juga terlihat pada pemberian pakan Klekap + lumut sutra (88%).

Published

29-12-2021

How to Cite

Pradika, R. A., Rosyida, E., & Yusuf, S. R. (2021). The Use of Different Feed on The Growth and Survival of Milkfish (Chanos chanos): Pemberian Pakan Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Ikan Bandeng (Chanos chanos). Jurnal Ilmiah AgriSains, 22(3), 136–143. https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v22i3.2021.136-143

Issue

Section

Articles