Effect of Additional Extract Curcuma (Curcuma xanthorrhiza) on Commercial Feed on Growth and Survival Rate of Tilapia Seeds (Oreochromis niloticus)

Pengaruh Penambahan Ekstrak Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) pada Pakan Komersil terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Authors

  • Ardiansyah Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.
  • Achmad Rizal Akuakultur, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Tadulako, Palu, Indonesia.

DOI: https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v21i3.2020.103-110

Keywords:

Ikan nila, temulawak, pertumbuhan, sintasan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak temulawak (Curcuma xanthorrhiza) pada pakan komersil terhadap pertumbuhan dan sintasan benih ikan nila (Oreochromis niloticus). Organisme uji yang digunakan dalam penelitian yaitu benih ikan nila dengan bobot rata-rata 1,55 gram sebanyak 200 ekor yang diperoleh dari Balai Benih Ikan Tulo, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dengan lima ulangan. Perlakuan A: tanpa penambahan ekstrak temulawak; Perlakuan B: penambahan ekstrak temulawak 4 g/kg pakan; Perlakuan C: penambahan ekstrak temulawak 8 g/kg pakan; dan Perlakuan D: penambahan ekstrak temulawak   12 g/kg pakan. Ekstrak temulawak yang telah siap kemudian dimasukan kedalam botol semprotan sesuai dosis yang telah ditentukan. Biomassa dan bobot organisme uji ditimbang pada awal dan akhir pemeliharaan. Pengukuran kualitas air meliputi suhu, pH, oksigen terlarut, dan amonia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap bobot mutlak benih ikan nila. Persentase bobot mutlak dan sintasan pada benih ikan nila tertinggi diperoleh pada perlakuan D, masing-masing sebesar 1,423 g dan 94%.

Published

30-12-2020

How to Cite

Ardiansyah, & Rizal, A. (2020). Effect of Additional Extract Curcuma (Curcuma xanthorrhiza) on Commercial Feed on Growth and Survival Rate of Tilapia Seeds (Oreochromis niloticus): Pengaruh Penambahan Ekstrak Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) pada Pakan Komersil terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Ilmiah AgriSains, 21(3), 103–110. https://doi.org/10.22487/jiagrisains.v21i3.2020.103-110

Issue

Section

Articles